Sunday, September 9, 2012

What A Pride!

Sebulan terakhir ini, kuakui emang aku lagi autis banget.. sampe blog nggak pernah ak perbaruin lagi :D but okee, yg penting sekarang aku kembali, kembali dgn cerita tentang suatu kebanggaan yg aku dapet sebulan terakhir ini .. dan aku sangat bersyukur untuk semuanya itu :)

semua berawal dari hari minggu, 5 agustus 2012.
saat teman"ku mengajak aku untuk jenguk salah satu teman yg sakit dirumah sakit, aku lebih memutuskan untuk dateng ke meeting yg diadain sm temen" CWP (City Worship Partner). *toh, masi ada hari lain untuk aku bisa pergi jenguk* :)
waktu itu, CWP emang mau ngadain suatu acara yg aku belum tau sama sekali acaranya apaan. tapi aku ngikut aja duluu..
dan dikasi taulah, acara yg bakal dibikin adalah Konser Kemerdekaan dan Seminar Kebangsaan. yang aku tangkep dari visinya acara ini adalah "Menebarkan virus cinta bangsa Indonesia". woww! *visinya aja udah bikin greget gini* :))

shortly, aku ditunjuk untuk jadi sie acara a.k.a event organizer (EO), tapi yang diperbantukan di sekretaris juga *sedikit rakus* :D
aku terima tugasnya dan aku seneng..
kenapa? karna aku salah 1 yg paling muda di kepanitiaan itu.. hehehe
tapi, ini juga pertama kalinya aku jadi panitia nggarap acara yg lingkupnya Ungaran dan sekitarnya :)

kebanggaan itu bertambah waktu tau kalo acara ini akan didukung oleh banyak hamba-hamba Tuhan yg bakal jadi pembicara. sebut aja Samuel Saputra, Cornelius Wing, Rubin Ong, Onna Tahapary, Otniel Lumowa, Pramono Limanto, Budi Utomo, dan Jonathan Pattiasina, yang mereka semua tergabung dlm ISRA (Integrated Society Rescue Action) atau Indonesia Sejahtera :D
dan nggak ketinggalan, ada penyanyi rohani yg juga bakal terlibat >>> Bobby "One Way" Febian .. favoritku! :))
belakangan, aku juga tau, ada Alvin "Base Jam" juga yg bakal datengg.. waaaahh ^^,

tugasku pun dimulai dengan membuat surat publikasi yg nantinya bakal disebar ke gereja-gereja yg ada di Ungaran, Semarang, Salatiga, Jogja, Magelang dll.. tapi yg terpenting, kabupaten Semarang itu harus disebar! :))
ternyata bikin surat beginian pun nggak gampang.. susun kata-kata dlm surat dan ngeprint mah masi simple.. tapi cari tanda tangannya itu yg nggak bisa dibilang simple, mulai dari ketua Ungaran Bermazmur, ketua BKSAG kab Semarang, koordinator Keluarga Allah, dan ketua panitianya sendiri :D
cari tanda tangan tu bisa keliling Ungaran dulu baru bisa beres, mulai dari deket rumah sini aja Perumda, lanjut ke Sidomulyo, DPR, Bandarjo, dan terakhir di Asmara.. tapi syukurnya, dari situ ak jadi bisa lebih kenal sm orang-orang penting.. what a pride! hehe :p

kebanggaanku berlanjut dengan ditugaskannya aku membuat surat untuk mengundang pak bupati Semarang dan pemerintahan yg lain.. kurang lebih ada 7 orang penting yg kudu aku undang, they are pak Bupati Semarang, pak Camat Ung-Bar, pak Lurah Bandarjo, pak RW, dan pak RT setempat, kepala dinas pemuda olahraga budaya dan pariwisata, sm ibu Bimas Kristen.. nyenenginnya, aku jadi ngrasain tuh yg namanya keluar masuk kantor-kantor penting.. kamu belum tentu pernah ngrasain kan?? hihihi :p
dari sini aku juga jadi tau adanya "buku ekspedisi" lhoo.. sayang, aku lupa mendokumentasikan gimana rupa buku panjang itu -__-

apa lagi ya?
oyaa, aku juga jadi ngerasain yg namanya "ngantor" di getsemani.. hehehe..
bisa dibilang, selama 1 minggu sebelum hari H, hampir tiap hari aku kudu ada di gets. dari pagi sampe siang, ato siang sampe sore. nggak jarang juga sore udah pulang rumah, mandi, malemnya brangkat lagi ke gets.. udah semacam CANDU kayaknya :DD
but okee.. yg penting aku di gets juga nggak sendirian.. banyak temannyaaa ^^ what a pride! :))

dan saat-saat paling menegangkan tu yaa hari-hari menjelang hari H. tugasnya buanyaak banget.. bikin surat undangan lagi dan lagi, ngeprint rundown acara yg gonta ganti lagi dan lagi :DD tapi entah kenapa, semuanya itu berasa fun.. biasanya kalo udah menjelang hari H kan, emosi meningkat, urat saraf tegang semuaa, tekanan darah juga meninggi.. tapi aku tetep berasa fun *kayak nggak pernah punya dosa ajaa* wkwk :DD

tapi hal itu nggak berlaku di H-1, sejak aku diputuskan mendapat tugas untuk memimpin semua yg hadir di hari H menyanyikan lagu Indonesia Raya. what?! dari dulu jaman sekolah, aku paling bisa ngeles untuk nggak ambil tugas itu. tapi sekaraangg..... *pasrah*
eitt, sekalipun aku pasrah, tapi aku nggak menyerah lhoo \(^o^)/
aku buka internet, aku cari partitur Indonesia Raya, dan akhirnya aku tau kalo Indonesia Raya itu ketukannya 4/4, dimulai pada ketukan ke-4, dan diakhiri pada ketukan pertama.. yeeeee! *at least, aku nggak akan malumaluin diri sendiri lah* :DD

dan di hari H, aku bisa ngrasain pengalaman yg luar biasa bangett!
jujur, aku ngga bisa ngga cerita ini dengan nada sombong.. :DD
dlm banyak hal aku bersyukur banget karna kesempatan-kesempatan yg bisa aku dapetin di hari itu .. tapi, emang ngga ada untungnya buat sombong si, semua yg aku dapetin bukan karna aku sendiri, ada super DADDY (baca: JC) yg ngeback up aku tiap hari :))

waktu itu jam 4 sore, aku siap-siap. karna panitia kompakan pake atasan putih, akupun juga pake atasan putih. tapi karna aku nggak punya atasan putih lain selain hem bekas aku pernah ikut Paskibra, maka akupun memakainya, namun dengan lengan yg sedikit dilipet, biar sedikit trendy, sekalipun tetep sedikit kegedean :DD
terus aku berangkat ke Gets. kayak biasaa, jalan kaki ke jalan raya, naik angkot, sampe depan Polres. tapi pas di tengah jalan, aku dapet SMS dr ketua panitia, yg bunyinya kurang lebih kyak gini: "vina berangkat ke gets jam berapa? sekarang km ditungguin sm Pak Brilly untuk briefing MC sebentar."
MC ??? what a great news!
aku cuma reply: "aku lagi otw kak, sebentar lagi nyampe."
*badan udah lemes* 
apa lagi ini? tadi aku cuma persiapan Indonesia Raya doang .. ga lebih -__-
btw, pak Brilly itu 'sekum'nya ISRA, jadi bisa dibilang kayak "manager"nya para hamba-hamba Tuhan yg jadi pembicara :p

shortly, aku sampe di gets, aku ketemu pak Brilly, then he briefed me everything about the MC's to-do-list .. modalku cuma ndengerin + corat coret semua yg dibrief di kertas rundown, biar ngga ada yg lupaa :p
cukup seneng dgn tugas yg dikasi, tapi nervous beratt.. mereka udah kasi aku kepercayaan utk melakukan hal besar ini. sekarang tinggal akunya bisa percaya sm diri sendiri ato nggak.. tapi at least, aku punya basic ngomong di depan mic pas lagi siaran. mari kita aplikasikan. hehe..

tapi aku inget sama yg pernah diomongin sm Agnes Monica tentang "nervous"..
Nervous itu wajar. Justru nervous itu menunjukkan bentuk TANGGUNG JAWAB kita terhadap tugas yg kita lakukan. Kalo nggak nervous, malah aneh...
nahh, jadi motivasi nih.. tapi di belakang panggung, tetep mondar mandir, kipas kipas padahal ga panas panas amat, ancang-ancang ambil nada takut fals padahal juga bakal dibantuin sm musik ntar :D pokonya waktu itu, aku alay banget lah :D
saking alaynya, ada yg tanya "vin, ntar km tugas apasih?" .. dengan atosnya aku jawab "nanti diliat sendiri yaa" >>> ini lebih tepatnya karna aku ogah ngebahas tentang tugas dadakan ku ini :o

tapi aku sangat bisa bilang, hari itu Selasa, 4 September 2012, adalah salah 1 hari yg bersejarah.. what a pride for me, karna aku akan menjadi yg pertama memanggil orang-orang untuk naik panggung, entah yg kasi sambutan, yg pimpin doa, yg kotbah, bahkan yg bakal konser :))
ngerasain bisa panggil pak Bupati untuk naik kasi sambutan, sekalipun sebelumnya agak dagdigdug juga karna sampe sekitar jam 8 beliau belum keliatan, padahal jadwalnya bupati sambutan tu jam 6.50 pm :D tapi apapun itu, what a pride! :)
bisa panggil kak Alvin "Base Jam" untuk nyanyi pun udah ada sensasi "tremor" tersendiri *alay* wkwkwk.. *berasa kayak panggil nama sendiri soalnya :p*

di atas semuanya itu, aku bersyukur.. acara bisa berjalan dgn lancar ajaa udah seneng banget.. mengingat antara acara yg tersusun di rundown dgn kenyataannya tu hampir nggak ada yg sama. susunan acara diubahubah teruss, dan semua konfirmasi acara hanya dilakukan via SMS.
"cik, abis ini acara apa?"
"kalo pak bupati belum dateng, abis ini mau ngapain dulu cik?"
"konfirmasi ulang cik: pak bupati - pak jo - bu luna?"
"cik, abis ini konser dulu kan?"
dan sebagainya... :D

itupun hape ku pas lagi kurang sehat.. sampe ada acara yg aku salah sebut, karna belum sempet baca SMS yg baru masuk :D
pengalaman berharga banget lahh.. sekalipun acara yg harusnya semi-formal, karna aku yg jadi MC, semua jadi sangat formal.. hahaha :D
pokonya aku bersyukur, punya kesempatan untuk praktek public speaking di depan publik Ungaran itu belum tentu bisa setahun sekali, perlu ada event dulu, baru ada kesempatan.. tapi mudah-mudahan, setelah ini aku nggak jadi gampang puas diri, biar aku teruss belajar untuk dapat menyusun tata bahasa yg baik dan benar, sesuai dengan kamus ejaan yg disempurnakan :D

hemmhh overall, aku bangga punya tim / temen" panitia yg super kerenn..
mulai dari ketuanya, hospitality dan akomodasinya, perkapnya, multimedianya, tim P&W nya, semua muaa luar biasaa..
catetan untuk tim musiknya P&W nih. aku sempet denger dari kak Bobby, dia komen tentang permainan musiknya yg kompak, sekalipun orang-orangnya bukan dari gereja yg sama. itu berarti, kalian punya chemistry yg OKE guys, dan tentunya "Heart of Worship".. salut dan lanjutkan! :))

oya, ada pride lain, atau lebih tepatnya, ini blessing buat Ungaran :)
acara macem Konser Kemerdekaan dan Seminar Kebangsaan ini sebelumnya udah banyak diadain di beberapa kota, seperti Manado dan Balikpapan. tapi selama acara ini diadain di kota-kota sebelumnya, belum pernah ada kesempatan 7 hamba Tuhan itu bisa hadir semuanya. justru 7 hamba Tuhan ini bisa kompak hadir semua di Ungaran. komplit. what a blessing! :)
dan persiapan panitia selama 1 bulan untuk ngadaian event ini di Ungaran itu adalah rekor waktu tercepat yg pernah dibuat selama ini. karna acara ini di kota-kota sebelumnya, biasanya dibikin selama 4-6 bulan, paling cepet 2 bulan lah.. tapi Ungaran melakukannya dalam 1 bulan. sekali lagi, what a blessing!


masih banyak cerita tentang pride yg aku rasain.. apalagi masih ada hari keduanya, yg isinya Seminar Kebangsaan itu.. banyak ilmu yg aku dapet, banyak pesan yg aku tangkep, dan semakin banyak PR yg kudu aku kerjain.. :D entah PR sbg anaknya papimami, sbg mahasiswa, juga sbg anak bangsa :)

tapi aku juga jadi belajar, untuk bisa mencapai sesuatu emang butuh bayar harga. kali ini, skripsiku memang harus tertunda lagi, sampe yg aku harus terima keadaan bahwa dosen pembimbingku bertugas ke luar negeri selama 3 bulan. magicnya, aku baru tau kabar itu cuma beberapa hari sebelum keberangkatan beliau. ini akibat lost contact dgn dosbim begitu saja.. kesalahanku sih . but please, don't ever try this at home! cukup aku aja yg ngerasain yahh..


nggak mau sedih sedih muluu.. sekarang mau pamer foto bareng kak Alvin dan kak Bobby dulu :p .. ada yg blur, but okelahh :D
(: Alvin dan Alvina :)

dokumentasi pribadi bersama Bobby :p
mungkin next time, aku bakal ceritain tentang pesan-pesan yg aku tangkep selama 2 hari bersejarah ini. semua pesan itu memang hanya menuju 1 mimpi "Menuju Indonesia Jaya dan Perkasa". nggak cuma mimpi dink, tapi bakal terwujud. amin! :)

2 comments:

  1. Vinaaa...km kereen sekalii...=D
    Terus berkarya dalam Tuhan yaa!! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahh semua karna anugrahNya lah wi.. cuma Tuhan yg keren.. hahaha
      sipp wi.. kamu juga, terus berkarya dlm Tuhan, dimanapun kamu bakal ditempatin . OK? ^o^

      Delete