Saturday, July 28, 2012

Nostalgia masa KKN (part 1)

kalo uda masuk akhir bulan Juli gini, jadi keinget sama akhir bulan Juli tahun yg lalu.. waktu aku kudu menjalankan salah satu mata kuliah yg adalah Tri Darma Universitas.
ada yang nggak tahu Tri Darma Universitas apaan?

Tri Darma Universitas tu jelas ada 3:
1. Pendidikan dan Pengajaran
2. Penelitian dan Pengembangan
3. Pengabdian pada Masyarakat
( dikutip dari http://iw4nrisw4ndi.blogspot.com/2011/04/pengertian-tri-dharma-perguruan-tinggi.html )

nahh, mata kuliah yg dimaksud tu masuk ke Tri Darma Universitas yg no. 3 --- Pengabdian pada Masyarakat :)
dari 3 jenis kegiatan yg ditawarkn sm universitas, KKN - KKU - KAPKI , aku mantap memutuskan KKN!

awalnya, aku nggak tahu sma sekali KKN tu apaan.. yang aku tau KKN tu korupsi kolusi nepotisme.. belum pernah nemu singkatan yg lain lagi selain itu :p
sampe aku kuliah smester 6 pun, aku masi nggak ngeh KKN tu apaan :D
tapi yang aku tau KKN tu pasti semacam live in di desa, hidup bersama orang" desa, entah dalam waktu yang berapa lama..
yang jelas waktu pendaftarannya dulu, biaya pendaftarannya KKN paling gede dari KKU sm KAPKI. wow!
*sempet mikir salah pilih* -__-

tapi tetep lanjut teruss..
somepeople said KKN tu nggak enak..
"emang kamu bisa hidup bertani vin?"
"emang kamu mau tidur sama sapi?"
"emang kamu mau kalo kamu nggak dapet sinyal hape ntar disono?"
"kan disana belum tentu ada listrik vin.."

arrrggghhhh... ini orang-orang negative thinking mulu nihh..
aku jadi tambah mikir kalo aku salah pilih kann -__-
udah bayar 600 ribu nih coyy :o

aku jadi nggak bergairah buat ikut KKN.. apalagi waktu denger desa yang bakal aku tinggalin.. lereng merapi, kecamatan Dukun, kabupaten Magelang..
haduuhh, pelosok mana lagi itu?? :o
apalagi kalo udah judulnya di lereng gunung gitu, sudah pasti dingin. ditambah dgn berita yg hari" itu belum kelar tentang merapi, yaitu Banjir Lahar Dingin :(
*seluruh hidupku kupasrahkan padaMu Gusti*

hari yang ditentukan pun tiba..
Senin, 18 Juli 2011 >>> 270an orang ditentukan untuk siap berangkat menuju desanya masing-masing.. *masih nggak trima kalo harus ninggalin rumah* *jujur* :(
dengan kaos KKN super kedodoran, aku brangkat ke kampus, diboncengin kakak naik motor, bawa perlengkapanku yg kudu harus cukup buat sebulan.. waktu itu aku bawa 2 tas jinjing gede + 1 tas buat net'ty'book kuu..

*oh iyaa.. di KKN ini, ak dapet tugas jadi sekretaris (lagi).. (lagi) karena aku sudah mendapatkan tugas ini sejak masi pake putih abu-abu. skarang udah pake baju bebas pun, tetep aja dapet tugas sekre lagi.. mungkin pekerjaan tetapku.. dan kordesku mewajibkan sekdes harus bawa laptop.. okee nice.. semakin banyaklah bawaanku*

*balik ke topik*
aku sampe kampus dan mencari teman"ku yang akan berjuang slama sebulan dgnku di gunung nanti.. inilah sekilas bentuk rupa kami, di detik-detik menjelang upacara pelepasan kami menuju "medan perang" yang disebut merapi itu.. :p


dari kiri: Lia, Kristina (@KristMadalena), Marry (@Marry_MarryMe),
Mis (@mizzwaaa), Devi (@CTDeviW), Aku, Nenny
itu mukanya senyum semua, tapi sebenernya pasrah semuaaaa :DD

shortly, kami ditentukan menjadi kelompok 10 yg bakal ditempatin di Desa Mangunsoko.. kordesku yg sangat baik hati, sampe nyempetin pergi ke desa itu di H-6, biar bisa survei dulu.. dan hasil survei cukup memuaskan :))

perjalanan menuju medan perang dimulai dan berakhir di tempat yg namanya Gubug Selo.. itu kapel ato greja yg ada di merapi.. tepatnya di desa Mangunsoko <<< desakuu :))
yg sedikit mencengangkan, ternyata ada perubahan desa utk kelompok 10..
kelompok 10 nggak jadi di Mangunsoko.. tapi di Desa Sewukan, Dusun Guwo.. *nangis* T.T
*percuma dong aye seneng" gara" hasil survei yg cukup memuaskan itu*

tapi, untungnya badmoodku nggak berlanjut..
Desa Sewukan, Dusun Guwo >> nggak jauh dari Mangunsoko.. mgkn skitar 2 kilo dari Gubug Selo.. tempatny juga strategis di pinggir jalan. jalanan bagus mulus, rame pula.. pokoknya nggak kliatan kalo aku lg di desa.. :))

aku dan housemateku, Mely (@Lieyun), tinggal dirumah Pak Suwito, pensiunan guru SD, yg sekarang hari-harinya cuma dipenuhi dgn bertani.. Beliau cuma hidup dgn istrinya.. tapii anak-anak dn cucunya tinggal nggak jauh dari rumah bapak.. jadi, kalo siang, rumah bapak tetep ramee..

nahh, ceritaku bersama temen" KKN berawal dari sini..
mulai dari masa" perkenalan dgn 'keluarga'ku, semua warga, bahkan temen" seklompokku sendiri, yg notaben nggak banyak aku kenal..
suka duka njagain + tidur lesehan di posko, mbikin laporan smp begadang, eksplorasi wahana wisata *dgn alibi "survei" :D*, maen "pacul pitu", maen sm anak" desa, sampe rasa kangen sm orang rumah yg berlebihan.. :))

yang aku pikir, dulu aku milih KKN itu adalah suatu kesalahan.. tapi 1 bulan aku disana, aku membuktikan bahwa pilihanku ikut KKN tidak akan pernah salah! :)

thanks to Kelompok 10 "Bersatu Kita Bakrun!"
:* :* :* :* :*

No comments:

Post a Comment